Ciri - Ciri Interaksi Sosial

Ciri - Ciri Interaksi Sosial

Ciri - Ciri Interaksi Sosial

   Interaksi sosial yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat pada hakikatnya mempunyai ciri - ciri berikut ini.

   A. Jumlah pelaku lebih dari satu orang, artinya dalam sebuah interaksi sosial, setidaknya ada dua orang yang sedang bertemu dan mengadakan hubungan.
   B. Ada komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol - simbol, artinya dalam sebuah interaksi sosial di dalamnya terdapat proses tukar - menukar informasi atau biasa disebut dengan proses komunikasi dengan menggunakan isyarat atau tanda yang dimaknai dengan simbol - simbol yang akan diungkapkan dalam komunikasi itu.
   C. Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa mendatang) yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung, artinya dalam proses interaksi dibatasi oleh dimensi waktu sehingga dapat menentukan sifat aksi yang sedang dilakukan oleh orang - orang yang terlibat dalam interaksi.
   D. Ada tujuan - tujuan tertentu, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan oleh pengamat, artinya dalam sebuah interaksi sosial, orang - orang yang terlibat di dalamnya memiliki tujuan yang diinginkan oleh mereka. Apakah untuk menggali informasi, atau sekedar beramah - tamah atau yang lainnya.

   Setiap interaksi sosial terdiri atas empat komponen pokok, yaitu : 
   A. Rangsangan (stimulan)
   Rangsangan adalah segala sesuatu yang mengandung perhatian sehingga mendorong manusia untuk melihat, mendengar, mencium, atau memerhatikan.
   B. Tanggapan (respon)
   Tanggapan adalah reaksi terhadap rangsangan Reaksi ini akan menggerakkan panca indra dan organ tubuh untuk mengetahuinya.
   C. Aksi
   Aksi adalah aktivitas pemula yang mengalami terjadinya suatu reaksi dari pihak pertama.
   D. Reaksi
   Adalah aktivitas lanjutan atau balasan terhadap aksi yang dilakukan oleh pihak pertama. Aktivitas ini dilakukan oleh pihak kedua sebagai lawan dari pihak yang berinteraksi. 

Related Posts: